Monday, October 13, 2014

Fungsi lembaga pendidikan

Pendidikan berfungsi untuk mengembangkan dan menumbuhkan potensi yang ada, baik secara rohani dan jasmani. Lingkungan pendidikan adalah tempat berlangsungnya kegiatan pendidikan baik di dalam sekolah maupun di luar sekolah. Untuk mencapai proses pembelajaran yang baik maka dibutuhkan lingkungan pendidikan yang kondusif. Lingkungan pendidikan sangat berperan besar dalam kesuksesan belajar siswa karena di dalam lingkungan belajar terdapat sarana dan prasarana yang menunjang.

Secara konteks pendidikan, lingkungan memiliki arti semua aspek yang ada di luar diri siswa. Di dalam lingkungan berisi semua yang nyata, diantaranya orang, tumbuhan, hewan, keadaan atau kondisi, kepercayaan, politik dll. Pendidikan juga salah satu yang ada di dalamnya. Pusat kegiatan pendidikan berada pada lingkunga keluarga, masyarakat dan sekolah. Disitu akan terjadi proses pengembangan manusia yang utuh. Anak didik atau siswa adalah seseorang yang sedang mengalami masa perkembangan, oleh sebab itu perlu mendapatkan pendampingan dari orang dewasa supaya mampu berkembang dengan bebas namun terarah.

Oleh sebab itu pendidikan harus memiliki peran untuk memotivasi siswa. Diharapkan juga dengan adanya pendidikan akan mampu mengarahkan pertumbuhan anak supaya tidak salah. Untuk menjawab segala macam permasalahan tersebut maka timbulah beberapa lembaga pendidikan untuk membantu siswa belajar di luar dari jam belajarnya di sekolah. Dengan demikian waktu akan dihabiskan untuk belajar, sehingga waktu yang digunakan untuk bermain akan berkurang. Peran lembaga belajar ini sangatlah positif untuk mengarahkan siswa.

Artikel pendidikan lainnya:


No comments:

Post a Comment