Monday, August 4, 2014

Kendala Pembelajaran Afektif

Kecerdasan dan keterampilan akan terbentuk berkat adanya proses pendidikan. Informasi dalam pendidikan sangat membantu seseorang untuk menemukan hal-hal baru yang belum dipahami. Pendidikan mengatur pola dan perilaku seseorang agar sesuai norma-norma yang ada di masyarakat. Berikut akan dijelaskan beberapa kendala dalam model pembelajaran afektif:

1. Kurikulum yang berlaku lebih condong pada pembentukan intelektual saja. Dengan demikian, intelektual atau kemampuan kognitif siswa sangat menentukan prestasi.

2. Kontroling yang sulit karena perkembangan sikap seseorang banyak dipengaruhi oleh banyak factor. Guru tidak hanya sebagai penentu dalam pembentukan sikap, karena pengembangan sikap dapat terbentuk melalui pembiasaan.

3. Evaluasi terhadap pembentukan sikap tidak dapat dilakukan dengan segera. Hal ini berbanding dengan pembentukan keterampilan dan kognitif yang hasil dapat diketahui dengan cepat.

4. Pengaruh dari kemajuan teknologi. Karakter anak banyak terbentuk dari tontonan yang mereka lihat di tv. Program televisi luar negeri yang ditonton akan banyak memberikan efek negative karena berbeda dengan norma dan budaya yang ada di daerah kita.

Kunjungi artikel menarik berikut:
pembelajaran kooperatif tipe stad
pelajaran tematik sd
model pembelajaran komputer
pembelajaran berbasis inquiry
model pembelajaran matematika smp
strategi pembelajaran konstruktivistik
model pembelajaran pkn sd


No comments:

Post a Comment