Sunday, September 14, 2014

STRATEGI PEMBELAJARAN UNTUK SISWA

Metode strategi pembelajaran ada banyak ragamnya, diantaranya teknik memori, mind mapping, baca kilat. Mari satu persatu kita pelajari bersama.

1. Baca kilat

Cara belajar baca kilat ditemukan oleh Agus Setiawan. Untuk bukunya sudah tersedia di gramedia judulnya baca kilat. Ada tiga langkah dalam belajar baca kilat yaitu tujuan membaca, baca kilat dan aktivitas manual. Tujuan dari membaca adalah menentukan target pencapaian siswa. Dengan melakukan baca kilat maka informasi akan masuk ke dalam pikirian bawah sadar kita. Dalam kehidupan kita, pikiran bawah sadar memiliki peran 88 persen.

2. Mind mapping

Cara belajar ini berperan untuk mengoptimalkan otak kiri dan kanan secara bersama. Tony buzan adalah yang memperkenalkan strategi pembelajaran ini pertama kali. Sangat sederhana sekali prinsip kerja dari metode pembelajaran ini yaitu hanya bedasarkan prinsip otak kanan dan kiri. Otak kiri dilatih dengan analisa, logika, angka dan detail. Sedangkan otak kanan dilatih dengan imajinasi, kreatifitas, konseptual, dan gambaran besar.

3. Teknik memori

Biasanya otak akan langsung merespon malas apabila berhubungan dengan menghafal. Strategi teknik memori sangat tepat untuk materi yang banyak hafalan. Otak kanan yang paling dominan dalam metode ini.

Baca juga artikel berikut:
strategi pembelajaran paud belajar
pembelajaran individual dan klasikal
pembelajaran berbasis web (e-learning)
pembelajaran sosial emosional
metode pembelajaran kimia kurikulum 2013
metode pembelajaran.
penggunaan model pembelajaran





No comments:

Post a Comment